-->

Peran Cyanobacteria Dalam Kehidupan Manusia Keuntungan Dan Kerugian

Peran Cyanobacteria Dalam Kehidupan Manusia Keuntungan Dan Kerugian yeah sekedar share aja sih karena memang lagi butuh tugas ini dan susah nyarinya so, langsung saja ini dia Peran Cyanobagteria Dalam Kehidupan Manusia Keuntungan Dan Kerugian:

adapun manfaat Cyanobacteria  itu sendiri adalah :

  1. Cyanobacteria yaitu sebagai pengikat nitrogen bebas artinya Peran Cyanobacteria aitu mengikat nitrogen yang utama di alam, nitrogen sendiri sangat diperlukan oleh tanaman sehingga cyanobacteria menguntungkan untuk tanaman contohnya adalah : Nostoc Commune,Anabaena Ccadae dan Anabaena.
  2. Sebagai vegetasi peintis , yaitu dengan cara membentuk lapisan pada permukaan tanah gundul sehingga mampu hidup pada lingkungan yang kurang menguntungkan dimana tumbuhan lain tidak dapat hidup di daerah itu.
  3. Cyanobacteria juga berperan sangat penting untuk menambah materi-materi organik ke dalam tanah.
  4. Spiriluna mampu menghasilkan senyawa karbohidrat ang lumayan dan senyawa organic lain sangat tinggi yang diperlukan oleh manusia sebagai sumber pangan yang mengandung banyak sekali protein di dalamnya. Oleh karena itu Spiriluna bisa digunakan untuk dikembangkannya sumber pangan di masa datang karena Spiriluna ini dalam bentuk pil.

Adapun kerugian  Cyanobacteria :

  1. Beberapa Spesies dari Cyanobacteria memproduksi racun syaraf (neurotoksin) seperti ular ang sangat berbahaya bagi hewan dan manusia biasanya racun ini menyerang hati ( hepatotoksin ) dan sel ( sitotoksin ) mereka membentuk endotoksin sehingga sangat berbahaya bagi hewan maupun manusia.
  2. Jika terlalu banyak Cyanobacteria  menempel pada tembok bangunan maka lama-kelamaan temok rumah tersebut akan cepat mengalami keretakan.
  3. Cyanoacteria juga bisa merugikan akibat ulah manusia sendiri yaitu Cyanobacteria  sendiri dapat hidup di lingkungan yang mengandung kadar fosfat dan nitrogen yang tinggi. Kadar tersebut pada suatu lingkungan perairan sering diakibatkan oleh pencemaran limbah industri dan pertanian. Kondisi ini dapat mengakibatkan tumbuhnya Cyanobacteria  secara berlimpah. Limpahan tersebut dapat menutupi permukaan perairan sehingga matahari dan oksigen yang dibutuhkan organisme lain dalam perairan berkurang.

    Selain itu 
    Cyanobacteria  menbghasilkan racun yang dapat membunuh ikan dan organisme laut lainnya.

Sekian Peran Cyanobacteria Dalam Kehidupan Manusia Keuntungan Dan Kerugian 

LihatTutupKomentar

Sahabat Sangat Gaptek